Rancangan Bangunan Sistem Informasi
Koperasi
(Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai
Republik Indonesia “Teknik Sejahtera)
Mochammad Arifin, S.Pd, M.Si, MOS
Sekolah Tinggi Manejemen Informatika
& Teknik Komputer (Stikom) Surabaya
Landasan Teori
1. Akuntansi
Dalam arti yang sebenernya, akuntansi
mengacu pada dua hal yaitu kegunaan dan aktivitasnya. Pengertian yang menekan
pada kegunaan: akuntansi adalah suatu disiplin memberikan informasi pokok
menmgenai pelaksanaan yang efisien dan evaluasi organisai. Sedangkan pengertian
yang menekan aktivitas: akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisa,
mengklasifikasikan, mencatat, mengikhtisarkan, dan melaporkan hasil-hasil dari
aktivitas ekonomi perusahaan sebagai informasi.
2.
Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang
beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan kegiatannya
sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pengertian
tersebut sesuai dengan UU koperasi No. 25 tahun 1992 Bab 1.
Selain itu, tujuan utama dibentuk
koperasi juga telah dijelaskan dalam undang-undang koperasi No.25 Tahun 1992
Bab II pasal 3, Bahwa tujuan utama koperasi adalah memajukan kesejahteraan
anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan
perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan
makmur berlandaskan pancasila dan UUD 1945.Purwaningsih (2001) menyatakan bahwa
: “menurut Undang-Undang Koperasi No.25 Tahun 1992 Bab II pasal 4.
Fungsi dan peran koperasi sebagai
berikut:
a.
Membangyun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi
anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta meniungkatkan
kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka,Berperan serta secara aktif dalam mempertinggi kualitas
kehidupan manusia dan masyarakat.
c.
Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan
ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai suko gurunya Berusaha mewujudkan dan mengembangkan
perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas
kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.”
3.
Pencatatan Akuntansi Koperasi
Pada dasarnya siklus akuntansi
koperasi t idak berbeda dengan siklus akuntansi perusahaan jasa dan
perusahaan
dagang. Koperasi sebagai unit ekonomi mempunyai karakteristik tersendiri dibanding
badan usaha lainnya. Perbedaan itu terjadi karena koperasi merupakan perusahaan
yang berorientasi pada keuntungan (lembaga ekonomi) sekaligus bersifat
nonprofit (lembaga sosial).
Siklus
akuntansi adalah urutan atau prosedur yang digunakan dalam proses pencacatan
dan pelaporan transaksi keungan yang terjadi dalam suatu perusahaan atau
organisasi. Siklus akuntansi dapat dibgi tiap tahap, yaitu tahap pencatatan,
pengikhtisatran.
Laporan keungan dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
1.
Neraca
Neraca adalah laporan yang sistematis tentang aktiva,
hutang serta modal pada satu saat tertentu. Tujuan untuk menunjukan posisi
keunagan suatu perusahaan pada tanggal tertentu biasanya pada waktu tutup
buku/akhir tahun fiscal perusahaan.
2.
Lapran Laba Rugi
Laporan laba/rugi merupakan laporan yang sistematis
tentang pendapatan, laba rugi, yang diperoleh suatu perusahaan selama periode
tertentu.
Nama/NPM :
Nurul Rochmah/25211407
Kelas/tahun :2EB09/2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar