Minggu, 23 Desember 2012

Review 2: LANDASAN TEORI


Rancangan Bangunan Sistem Informasi Koperasi
(Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia “Teknik Sejahtera)

Mochammad Arifin, S.Pd, M.Si, MOS
Sekolah Tinggi Manejemen Informatika & Teknik Komputer (Stikom) Surabaya

Landasan Teori

1.     Akuntansi
Dalam arti yang sebenernya, akuntansi mengacu pada dua hal yaitu kegunaan dan aktivitasnya. Pengertian yang menekan pada kegunaan: akuntansi adalah suatu disiplin memberikan informasi pokok menmgenai pelaksanaan yang efisien dan evaluasi organisai. Sedangkan pengertian yang menekan aktivitas: akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisa, mengklasifikasikan, mencatat, mengikhtisarkan, dan melaporkan hasil-hasil dari aktivitas ekonomi perusahaan sebagai informasi.

2.     Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan kegiatannya sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pengertian tersebut sesuai dengan UU koperasi No. 25 tahun 1992 Bab 1.
Selain itu, tujuan utama dibentuk koperasi juga telah dijelaskan dalam undang-undang koperasi No.25 Tahun 1992 Bab II pasal 3, Bahwa tujuan utama koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan pancasila dan UUD 1945.Purwaningsih (2001) menyatakan bahwa : “menurut Undang-Undang Koperasi No.25 Tahun 1992 Bab II pasal 4.

Fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:

a.     Membangyun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta meniungkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka,Berperan serta secara aktif dalam mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

c.      Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai suko gurunya Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.”

3.     Pencatatan Akuntansi Koperasi

Pada dasarnya siklus akuntansi koperasi t idak berbeda dengan siklus akuntansi perusahaan jasa dan
perusahaan dagang. Koperasi sebagai unit ekonomi mempunyai karakteristik tersendiri dibanding badan usaha lainnya. Perbedaan itu terjadi karena koperasi merupakan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan (lembaga ekonomi) sekaligus bersifat nonprofit (lembaga sosial).

            Siklus akuntansi adalah urutan atau prosedur yang digunakan dalam proses pencacatan dan pelaporan transaksi keungan yang terjadi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Siklus akuntansi dapat dibgi tiap tahap, yaitu tahap pencatatan, pengikhtisatran.

Laporan keungan dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

1.     Neraca
Neraca adalah laporan yang sistematis tentang aktiva, hutang serta modal pada satu saat tertentu. Tujuan untuk menunjukan posisi keunagan suatu perusahaan pada tanggal tertentu biasanya pada waktu tutup buku/akhir tahun fiscal perusahaan.

2.     Lapran Laba Rugi
Laporan laba/rugi merupakan laporan yang sistematis tentang pendapatan, laba rugi, yang diperoleh suatu perusahaan selama periode tertentu.

  Nama/NPM            : Nurul Rochmah/25211407
   Kelas/tahun          :2EB09/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar